X9

Menu
  • Halaman Utama
  • Tentangku
  • Kategori
    • What?
    • Code
    • Video
    • Tutorial
    • Resources
  • Bug?
  • Error?
  • BERUNTUNG!!
Code Code Untuk menghitung bangun datar 2D dan ruang 3D Bahasa C

Code Untuk menghitung bangun datar 2D dan ruang 3D Bahasa C


Salam X9,

kali ini saya akan membagikan Code untuk Menghitung bangun 2D dan 3D. 
saya mengambil code code berikut dari banyak sumber, dan saya hanya menambahkan sedikit penjelasan dari struktur-struktur Code yang saya bagikan. Semoga bermanfaat.

Berikut Codenya,

Untuk Menghitung Luas Segitiga
#include<stdio.h>
#include<conio.h> //library code
void main() //header
{
float a,t,luas; //alas, tinggi, luas saat pertama dijalankan di set 0
printf(" Program Menghitung Luas Segitiga\n"); //judul program
printf("\n Alas   = "); //pertanyaan 1
scanf("%f",&a); //pengguna memasukan alas
printf("\n Tinggi = "); // pertanyaan 2
scanf("%f",&t); //input nilai tinggi
luas=a*t/2; //proses program
printf("\n Luas   = %.2f\n",luas); //tampilan hasil proses
getch();
}


Untuk menghitung Volume Balok/kubus.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>

int main() {
   int panjang,lebar,tinggi,volume;  //panjang,lebar di set 0
 printf("\nMenghitung Volume Balok\n"); //memasukan judul

   printf("\nMasukkan Panjang Balok : "); //pertanyaan 1
   scanf("%d", &panjang); //pengguna memasukan nilai panjang

   printf("\nMasukkan Lebar Balok: "); //pertanyaan 2
   scanf("%d", &lebar); //input lebar

   printf("\nMasukkan Tinggi Balok: "); //pertanyaan 3
   scanf("%d", &tinggi); //input

   volume = panjang * lebar * tinggi; //proses penjumlahan
   printf("\nJadi, Volume baloknya adalah %d", volume); //tampilan yang akan keluar
   printf("\n");

   return (0);
}

Untuk Menghitung luas permukaan Kubus.
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
#define kuadrat(X)((X)*(X)) //library kuadrat
int main()
{
   int sisi, luas; //sisi dan luas di set 0
   printf("\nMasukkan sisi Kubus : "); //pertanyaan
   scanf("%d", &sisi); //input
   luas = 6*kuadrat(sisi); //proses
   printf("\nJadi, Luas Permukaan Kubus : %d", luas); //tampilan hasil
   return (0);

}

Untuk Menghitung Volume Kerucut

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

float VolumeTabung (int r, int t) {
 return (22/7)*pow(r,2)*t;
}

int main()
{
int t,r;
float V;
      printf ("Masukan Jari Jari Alas = "); scanf ("%d", &r);
        printf ("Masukan Tinggi Tabung= "); scanf ("%d", &t);
        V = VolumeTabung (r, t);
        printf ("Volume Tabung (22/7)*(%d^2)*%d = %0.2f\n\n", r,t,V);

         return 0;
}

Itulah, beberapa Code untuk mengukur/menghitung bangun datar/ruang. Sebenarnya, dari code-code diatas bisa di modifikasi untuk menghitung bangun datar/ruang lainnya. tergantung dari kita seberapa dalam kita memahami Bahasa C.

Untuk tambahan, akan saya bagikan Code gabungan yang bisa menghitung 3 bangun datar/ruang.
Berikut Codenya.

#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#define phi 3.14
float VolumeTabung (int r, int t) {
 return (22/7)*pow(r,2)*t;
}
int main ()
{
    int a,t,r,luas;
    float V,r2, formula ;
    int menu,pilihan;
    printf("---------Software Matematika Bermanfaat---------\n");
    Pembuka:
    printf("Silahkan pilih [1-3]\n");
    printf("1.Volume Tabung\n");
    printf("2.Luas Lingkaran\n");
    printf("3.Luas Segitiga\n");
    printf("Silahkan masukan angka pilihan...\n");
    scanf("%d",&menu);
    printf("\n");
    switch (menu)
    {
    case 1:
        printf ("Masukan Jari Jari Alas = "); scanf ("%d", &r);
        printf ("Masukan Tinggi Tabung= "); scanf ("%d", &t);
        V = VolumeTabung (r, t);
        printf ("Volume Tabung (22/7)*(%d^2)*%d = %0.2f\n\n", r,t,V);
        printf ("\ningin menghitung lagi? jika ya Ketik '1' Jika Tidak Ketik '0'\n");
        scanf("%d",&pilihan);
    switch (pilihan)
    {
        case 1:
        {
             goto Pembuka;
            }
        case 0:
        {
            return 0;
        }}
            case 2:
            printf ("masukkan Jari-Jari lingkaran=");
            scanf ("%f", &r2);
            formula = phi*r2*r2;
            printf("Luas=%f\n", formula) ;
        printf ("\ningin menghitung lagi? jika ya Ketik '1' Jika Tidak Ketik '0'\n");
        scanf("%d",&pilihan);
        switch (pilihan)
    {
        case 1:
        {
             goto Pembuka;
            }
        case 0:
        {
            return 0;
        }}
         case 3:
    printf("Masukkan panjang alas segitiga =");
    scanf("%d",&a);
    printf ("Masukkan tinggi segitiga =");
    scanf("%d",&t);
    luas=a*t/2;
    printf("Luas Segitiga= %d\n",luas);
        printf ("\ningin menghitung lagi? jika ya Ketik '1' Jika Tidak Ketik '0'\n");
        scanf("%d",&pilihan);
switch (pilihan)
    {
        case 1:
        {
             goto Pembuka;
            }
        case 0:
        {
            return 0;
        }}
    }
return 0;
}

Sebagai penutup, jika kalian menemukan beberapa Code yang baru.. kalian bisa membagikannya lewat kolom komentar, dan jika code yang saya bagikan ada yang mengalami error. mohon report atau tulis di kolom komentar.

Terimakasih.

Tambah Komentar
Code
  • Cuwwitt!
  • Bagikan
  • Bagi ke G+
  • Beritakan
  • Sebarkan!

Tentang Timothy Stefan

Name : Timothy Stefan Tomatala

Nim : 2001665664

Lecture: Yanto Setiawan, SKom, M.T.I

Another

About Me

Name : Timothy Stefan Tomatala
Nim : 2001665664
Lecture: Yanto Setiawan, SKom, M.T.I

Weekly Posts

  • Rekursif pada bahasa C
    Rekursif pada bahasa C
    Halo Netizen X9, Kali ini saya akan membagikan Code Rekursif pada Bahasa C,  namun apakah kalian tau arti dari rekursif? nah, kali ...
  • Tebak Angka dengan Bahasa C
    Tebak Angka dengan Bahasa C
    Preview: Halo Sobat X9, Kali ini saya akan membagikan Code permainan Tebak angka Dengan menggunakan Bahasa C Apa itu Bahasa C? ...

Label

  • Code (4)
  • What? (2)
Powered by Blogger.
Copyright © 2017 X9 All Right Reserved